Pembelajaran dengan CTL (Pembelajaran Contextual Teaching and Learning)

Permassalahan

Masalah yang dihadapi guru:

  • Matematikaa dainggap sulit
  • Pembelajaran membosankan

Karena itu guru menerapkan pendekatan contextual teaching and learning dengan referensi buku, workshop dan peatihan-pelatihan.

Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Leraning) adalah proses pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami materi dengan mengaitkanya dengan konteks kehidupan sehari-hari sehingga mereka memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang dinamis dan fleksibel.

Landasan teori

Pendidikan ini memungkinkan peserta didik belajar dengan cara mengaitkan, mengalami, meneraapkan bekerjasama, dan mentransfer.

Landasan Peremendiknas  No. 22 th 2006 ( SI)

Dalam setiap kesempatan pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem).

Keamouhan poendekatan kontekstual

Yaitu mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasilnya.

Peran guru sebagai fasilitator

Guru menyediakan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dampak dan hasil

Pembelajaran ini membuat siswa lebih cepat dalam memahami konsep dan berkomunikasi dengan baik.

Tahap pelaksanaan

  • Kegiatan pendahuluan

ü  Salam dan berdoa

ü  Materi prasarat

ü  Motivasi

ü  Guru membacakan tujuan pembelajaran

  • Kegiatan inti

ü  Proses eksploasi

  • Pengelompokan peserta didik
  • Pembagian tugas masing-masing kelompok.
  • Mengatikan dan kerjasama
  • Langkah-langkah yang sistematis
  • Mengalami dan kerjasama
  • Menerapkan dan bekerjasama

ü  Proses Elaborasi

  • Langkah yang ditulis
  • Apa yang dilakukan
  • Apa yang diperoleh
  • Perbandingan antara hasil estimasi
  • Mentransfer dan bekerjasama

ü  Proses konfirmasi

  • Presentasi dan Tanya jawab

Menerapkan dan mentransfer

Soal latihan ( salah satu peserta didik mengerjakan soal yang diberikan guru dan dilanjutkan Tanya jawab).

Tanya jawab tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep tetapi juga akan meningkatkan ketrampilan dalam menalar dan berkomunikasi.

  • Kegiatan penutup

ü  Guru menarik kesimpulan berdasarkan petanyaan-pertanyaan.

ü  Guru memberikan tugas dari buku LKS

ü  Salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.